Mahdi Idris Juara Cipta Cerpen Aceh

Posted on

[Serambi Indonesia, 30 Januari 2012]

BANDA ACEH – Mahdi Idris, staf pengajar di Pesantren Terpadu Ruhul Islam Tanah Luas, Matangkuli, Aceh Utara, terpilih sebagai juara I lomba cipta cerita pendek (cerpen) berbahasa Aceh yang dilaksanakan Pusat Studi Bahasa Daerah Aceh (Pusbada) Unsyiah, Banda Aceh. Mahdi menulis cerpen berjudul Badee Cot Uroe Timang.

Ketua panitia penyelenggaraan lomba, Herman RN, kepada Serambi Minggu (29/1) menyebutkan, penetapan juara tersebut setelah melalui proses penilaian sekitar satu sebulan, sejak penerimaan naskah awal September hingga 15 Desember 2011.

Herman menyebutkan, juara II diraih Muhadzdzier M Salda dengan judul cerpen Saboh Watee Malam, juara Nuril Annisa judul cerpen Doda nyang Ka Gadoh, juara IV Hendra Kasmi judul cerpen Cadek, dan juara V Fardelyn Hacky Irawani, judul cerpen Mala dari Gampong Pala.

Sementara Ketua Pusbada Unsyiah, Dr Mohd Harun MPd menambahkan penyerahan hadiah sekaligus pengumuman nama-nama peraih juara satu, dua dan seterusnya itu akan dilaksanakan di Lembaga Penelitian Unsyiah awal Februari ini.

“Selain lima nama itu, ada 15 pemenang hiburan lainnya yang seluruh karyanya akan dibukukan bersama para juara. Karya yang masuk ke panitia mencapai 76 naskah,” kata Harun.

Ia menjelaskan dari sejumlah naskah perlombaan cipta cerpen berbahasa Aceh yang diterima itu memiliki pencitraan yang luar biasa tentang Aceh. Umumnya sebut Harun, cerpen-cerpen tersebut mengisahkan tentang konflik serta musibah gempa dan tsunami yang menerjang Aceh pada Desember 2004 lalu.

“Sayembara menulis cerpen berbahasa Aceh ini baru pertama kali diselenggarakan sepanjang sejarah, dan Pusbada Unsyiah akan terus berupaya menggelar lomba yang sama demi menghidupkan kembali khazanah sastra tulis di Aceh,” kata Harun.(mir/rel)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s