ANAK DURHAKA

Penulis naskah :Fitriawati


Di malam yang sunyi di sebuah rumah.

Juned               : mana hasil jualan kuenya bu!

Aku mau keluar, bisa stress aku berlama-lama di gubuk jelek ini tros.

Ibu                   : bentar ya nak, ibu salat dulu, nanti ibu lihat ada uang sisa gk?

Juned               : gak da salat-salat, selalu ibu salat, berdoa, coba buka mata ibu, ada ngak perubahan ma keluarga kita, tetap aja kita miskin bu, gak kaya-kaya.

Ibu                   : nyebut nak!

Gak boleh kita ngomong gitu, mungkin sekarang belum dikabulkan

dengan usaha dan doa insya allah akan dikabulkan.

Juned               : gak usah ceramah deh bu, sini cepat duetnya.

Ibu                   : gak da nak, uang ibu tinggal sedikit tu pun untuk modal kue besok.

Juned               : gak mau tahu, sini dompet ibu, dimana ibu simpan duetnya   (sambil         membuang semua isi lemari)

Di luar terdengar suara kereta.

Andi                : jun, cepat lah kawan kita dah nunggu tuh!!

Ibu juned         : nak, nak udah malam gak usah pergi sebaiknya istirahat aja (sambil  menarik lengan baju anaknya).

Juned               : lepasin aku bu, aku udah gedek, jangan ibu ngatur-ngatur aku.

Ibu juned         : (ibunya nekat menarik bajunya, sehingga ibunya terjatuh dan kepalanya   terbentur sudut meja karena didorong oleh juned)

Juned               : yok bro, kita cabut!!

Andi                : tapi gimana ma nyokap lho keknya terluka coba lo lihat dulu.

Juned               : salah sendiri siapa suruh ngelarang-larang gue.

Dikasih tawu keras kepala sih, biar tau rasa,

Yok kita cabut aja.

Andi                : oke dech bos, beres!!

Di tempat nongkrongan.

Very                : hae bro, kusut banget muka lho hari ne, kenapa sich macam culun aja lo

(ha…ha…semua kawan segengnya ketawa berbahak-bahak).

Juned               : resek lho…aku lagi bokek ni gak bisa main, boleh pinjem gak?

ntar aku ganti dech…

very                 : kapan gantinya, yang kemaren aja belum lo bayar.

Juned               : pelit amat sih lu jadi orang, aku pening nie barangnya mana?

Sini, gak tahan lagi nie, cepat lach

Very                : nyantai bro, ya udah malam ni kita pesta ya, aku yang bayarin dech.

Juned               : nah gitu dong, itu baru sobat gue.

Keesokan paginya

Pak keucik       : bangun, bangun udah jam segini masih aja tidur (sambil menepuk bahu

juned).

Juned               : (dengan masih sangat ngantuk, sambil menguap)

Apa urusan lo bangunin gue, gue tahu lo pemimpin disini, tapi jangan

seenaknya aja dong ngerusak kebahagiaan orang.

Kwn juned      : dengan serentak menyaut

Ya betul itu.

Pak keucik       : maaf kalau dah ganggu kalian

Bapak Cuma ngebangunin kalian buat ikut kerumah pak manna karena

orang tuanya meninggal,

bapak harap kalian ikut serta kepemakaman.

Juned               : ikut kerumah pak maman kumis itu!

Gak banget dech pak. Bapak ja yang kesana orang dah mampus pun

dipikirkan, emang kok kita kesana bisa bikin hidup lagi tu orang? Enggak

kan…

Pak keucik       : kalau kalian gak mau ikut ya udah gak usah pergi.

Tapi kalian gak pantas ngomong gitu.

Bapak duluan ya.

Juned               : pigi aja sana, ngapaen uga sini lama-lama, bisa pekak kuping kami

Dengar ceramah bapak. (pak keucik menggelengkan kepala )

Eh bro gue cabut dulu ya, siapa tahu ada pemasukan ni ma nyokap gue.

Kawannya       : ya udah abut aja sana, ntar malam jangan lupa ya

Juned               : beres, pasti gue datang

(juned bergegas pulang)

Sesampai di rumah

Juned               : bu!! (dengan suara membentak)

Ibu                   : ya nak, kenapa (dengan suara serak)

Juned               : waduh…

Tempe, tahu itu-itu ja makananya

Bosan bu tiap hari makan makanan kek gini

Pantesan aja ibu saket-saketan kek ayam keracunan.

Ibu                   : masya Allah

Bersyukr nak, kita masih bisa makan.

Juned               : apa bu!!

Bersyukur??

Amit-amit dech, ibu tiap saat bersujud gak juga ada untungnya.

Ibu                   : nak enggak baik ngomong kek gitu.

Juned               : udah lah bu!!

Gak sah ceramah dech

Ibu ja yang bersyukur sana!!

Oh jangan lupa doain biar cepat kaya!

Ibu                  : nak…

Juned               : bosan diceramahin melulu.

(dibuangnya makanan ke lantai)

Dasar orang tua…pekerjaannya ceramah, ngaji, salat, heran gue.

Ibu                   : sambil menangis ibunya mengambil kembali makanan yang dibuang

anaknya.

Juned               : bu!!

Sini kalungnya

Ibu                   : jangan nak ini satu-satunya peninggalan bapakmu buat Menyekolahi

adikmu.

Juned               : sekolah, sekolah. “ ngapaen sekolah toh presiden udah ada, guru dah da

calon.

Mendingan buat aku ja kalungnya.

(dengan pemaksaan juned merampas paksa kalung ibunya).

Ibu                   : nak tunggu

Juned bergegas meninggali rumah

Dengan kecepatann tinggi juned mengendrai sepeda motor buntutnya. Diperempatan jalan mautpun tak bisa dikendali lg, juned terjatuh dia tak sadar diri. Matanya terbentur batu.

Di rumah sakit, saat juned telah sadar diri.

Juned               : bu… ibu dimana?

Ibu                   : ibu di sampingmu nak.

Juned               : bu maafkan aku, aku gk kan lagi berbuat kejam sama ibu, aku sekarang

Gk bisa melihat lagi.

Aku buta bu.

(dengan tangisan terisak-risak juned meraba-raba tangan ibunya dan

menciumnya)

Ibu                   :  ia nak ibu sudah memaafkan

Asalnya juned berjanji akan bertaubat dan kembali ke jalannya.

Penulis, mahasiswa Gemasastrin


12 thoughts on “ANAK DURHAKA

    Robin said:
    Agustus 13, 2010 pukul 3:55 am

    kak boleh ngak saya post cerita ini ke blog saya????

    Gemasastrin PBSID responded:
    Agustus 15, 2010 pukul 3:34 am

    Silahkan, Robin. Tapi jangan lupa sebutkan sumbernya dari blog ini ya? 🙂

    Vitry said:
    Juni 19, 2011 pukul 7:05 am

    Kak,mau gk buatin puisi atau kisah tentang ibu yg bguz buat aku…?

    awdsa said:
    November 15, 2012 pukul 1:26 pm

    yaa………? allah apkah se orang anak begitu ke pada orang tua

      Nhu Nhu Shiee Khepoo Bangetzz said:
      Januari 22, 2014 pukul 11:56 am

      iya ya knapa anak durhaka seperti begitu yah….?

    Roby Ajiprabowo said:
    Maret 2, 2014 pukul 5:46 pm

    kurang menarikk ending terakhirnya.. terlalu singkat dan padat…. maaf comen.. 🙂

    mela,icha said:
    September 16, 2014 pukul 8:08 am

    bagus dan ter lalu menarik dan membuat orang menangis .

    mela,ichaindi arpia anak boluk said:
    September 16, 2014 pukul 8:12 am

    bagussss bigt

    sabina said:
    September 22, 2015 pukul 10:06 am

    Kenapa anak itu sedurhaka

    santy said:
    November 3, 2015 pukul 7:53 am

    ka boleh aku minjem dramanya

    Aqmal said:
    Oktober 15, 2016 pukul 11:52 pm

    Bagusss , menarik,aku suka dechh

      akhi qawamuna aula said:
      November 13, 2016 pukul 2:04 pm

      iya bgus bnget dramanya, aku suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s